Simulasi Aplikasi CARED Tahap Awal

Simulasi CAREDSetelah melalui proses pengembangan, pemeliharaan, dan upgrade selama beberapa tahun, aplikasi CARED akhirnya dinyatakan siap untuk digunakan dalam skala yang lebih luas. Namun sebelum itu, pihak RESPECT Satellite Office (RSO)—merasa perlu—mengadakan simulasi awal untuk mengevaluasi sistem dan teknik aplikasi. Hal tersebut penting dilakukan untuk memastikan aplikasi dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari persoalan-persoalan teknis. Fitur-fitur penting yang mengalami proses uji coba adalah Safety Confirmation, Disaster Report, dan Panic Button.

Sebagai tahap awal, simulasi dilakukan oleh staff peneliti Institute of International Studies (IIS) sebanyak 27 orang. Kegiatan simulasi diawali dengan technical meeting di Ruang Rapat IIS (22/5/2017) yang dihadiri oleh staff RSO, Gamatechno, dan para peneliti IIS. Dalam pertemuan tersebut, Kristin Budiarti dan pihak Gamatechno menjelaskan beberapa hal teknis terkait penggunaan aplikasi CARED, cara pengoperasiannya, dan pembagian waktu simulasi. Semua peserta yang hadir sangat antusias mendengarkan penjelasan dan pengarahan dari pihak RSO dan Gamatechno. Melalui kesempatan ini, pihak Gamatechno langsung mengarahkan masing-masing volunteer untuk menginstall aplikasinya dan melakukan registrasi awal. Semuanya berjalan lancar, tanpa ada kendala-kendala teknis.

“Proses install dan registrasi awal sangat mudah. Saya dulu pernah menginstallnya, namun seringkali error dan rumit sekali proses pendaftarannya, sehingga saya tidak menggunakannya. Tapi kali ini sudah lebih sederhana dan prosesnya cepat dan gampang,” ujar salah seorang volunteer yang tidak mau menyebutkan namanya.

Simulasi dilakukan selama satu minggu, yakni mulai Selasa, 23 Mei – Senin 28 Mei 2017. Kegiatan tersebut berjalan lancar. Masing-masing volunteer melakukan simulasi berdasarkan jadwal penggunaan fitur yang telah disepakati. Selama proses itu berlangsung, pihak Gamatechno terus memantau dan merespons kendala-kendala teknis yang muncul. Misalnya, fitur panic button yang terkadang crash, ketidaktepatan lokasi pengguna aplikasi saat melaporkan informasi bencana, dan email list tidak muncul saat hendak melaporkan informasi bencana. Semua kendala tersebut langsung ditanggapi secara cepat oleh Gamatechno berdasarkan catatan dari para volunteer.

Terkait proses simulasi—ada saran dari volunteer agar kegiatannya dilakukan dengan menggunakan sistem transmisi data dua arah. Artinya ketika seseorang melaporkan kejadiannya—entah itu konfirmasi keselamatan, laporan bencana, maupun kondisi panik—perlu ada respons balik dari penerima informasi. Dengan demikian kita bisa tahu seberapa tepat informasi kita sampai ke orang yang dituju, dan seberapa cepat informasi itu sampai dan direspons oleh penerima data. Ini penting untuk diketahui agar aplikasi tersebut bisa bekerja efektif dan betul-betul berguna untuk mencegah terjadinya bencana. Harapannya, pada tahap selanjutnya, kegiatan simulasi bisa berjalan lancar dan sedapat mungkin meminimalisir adanya kendala-kendala teknis.

image-appDownload CARED

Multi platform - Android, Blackberry, iOS.

Pengunjung

Hari ini3
Total76043

Visitor IP : 54.224.49.217 Sabtu, 23 September 2017 11:06
Powered by CoalaWeb